oleh

Banjir Melanda Prabumulih, Ketinggian Air Capai 1 Meter

PRABUMULIH, MS – Curah hujan yang tinggi disertai hujan deras sepanjang malam yang mengguyur kota Prabumulih, membuat beberapa wilayah pemukiman warga mengalami kebanjiran. Akibatnya, banyak warga yang terpaksa mengungsi dan ada juga yang bertahan.

Ketinggian air mencapai satu meter atau ukuran pinggang orang dewasa dan lutut kaki. Sehingga membuat beberapa perabotan rumah tangga rusak akibat terendam air. Selain itu, beberapa lahan perkebunan dan tambak ikan pun tak luput dari banjir.

Pantauan dilapangan, sebagian wilayah seperti Kelurahan Majasari, Sukaraja, Karang Raja, Prumnas III dan IV Kelurahan Gunung Ibul, Winosari, Tugu Kecil, Muntang Taplus mengalami kebanjiran. Beberapa warga terlihat masih membereskan perabotan yang mana rumahnya masih direndam banjir.

Banjir yang menimpa ratusan rumah warga itu disebabkan lantaran beberapa sungai yang ada di kota Prabumulih tidak mampu menampung debit air yang tinggi. Meskipun sungai sudah dilakukan normalisasi, tapi karena debit air yang tinggi sehingga membuat air membludak dan membanjir rumah dan lahan perkebunan warga. “Hujan dari sore hingga pagi, sehingga membuat air di sungai meluap. Akibatnya membanjiri rumah dan lahan kebun,” ujar Ali (38) warga Karang Raja, Rabu (26/4/2017).

Bahkan, dirinya merasa cemas akan bahaya penyakit yang akan menyerang pasca banjir. “Kami takut anak-anak bisa terkena penyakit akibat banjir ini,” ungkapnya.

Mengetahui banyak warga yang kebanjiran, Pemkot Prabumulih melalui Dinas Sosial langsung turun ke lapangan untuk memberikan bantuan. “Saat ini kita lagi mendata warga yang rumahnya kebanjiran. Beberapa bantuan seperti sembako sudah kita siapkan untuk disalurkan kepada warga yang membutuhkan,” ujar Kadinsos, M Yakub AB.

Sementara itu, Wakil Walikota Andriansyah Fikri SH pun terjun langsung untuk meninjau warganya yang kebanjiran. “Bantuan telah kita siapkan untuk disalurkan kepada warga yang kebanjiran. Banjir disebabkan lantaran beberapa sungai debit airnya yang tinggi,” pungkasnya.

Dikatakan dia, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan peninjauan penyebab banjir besar yang terjadi di Kota Prabumulih. “Berdasarkan data yang kita terima ada 6 Kelurahan yang terendam banjir. Kelurahan Gunung Ibul, Muara Dua, Tugu Kecil, Karang Raja, Maja Sari dan Sukaraja. Langkah awal yang dilakukan oleh Pemerintah masih sebatas memberikan bantuan berupa makanan terhadap para warga korban banjir. Selanjutnya akan melakukan pemantauan penyebab banjir dan mencarikan solusi terbaik guna mengantisipasi hal serupa terulang kembali” ujar Wakil Walikota Prabumulih Andriansyah Fikri.

Menurut dia, jika banjir masih terus berlanjut, Pemerintah akan terus siaga dan akan terus memberikan bantuan makanan dan obat-obatan. Tidak lupa mantan ketua DPRD Kota Prabumulih itu juga mengimbau agar masyarakat cinta terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. “Ya, kita minta warga jangan buang sampah di sungai. Karena kalau sampah menumpuk dapat menyebabkan banjir,” tegasnya. (nor)

 

News Feed