oleh

Optimalkan Dana Desa, Kades Perjito Dirikan Kelompok Usaha Kreatif

MUARAENIM, MS – Besarnya dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat ke setiap desa membuat pemerintah desa harus mampu mengoptimalkan dana tersebut agar perekonomian desa bisa menjadi lebih mandiri.

Seperti di Desa Perjito Kecamatan Gunung Megang, Muaraenim, dimana pemerintah desanya memanfaatkan dana tersebut untuk mendirikan kelompok usaha kreatif.

Menurut Kepala Desa Perjito, Roppudin, saat ini desanya telah memiliki empat buah tambak lele di empat dusun, yang dikelola kelompok masing-masing dusun. “Setiap kelompok dianggarankan Rp 10 juta yang bersumber dari dana desa tahun 2016,” ujar Roppudin.

Selain tambak lele, lanjut Roppudin, dengan dana desa pihaknya juga membuat kelompok usaha ternak sapi, yang saat ini telah memiliki 12 ekor sapi dan juga orgen tunggal.

Pada tahun 2017 ini, lanjut Roppudin, pihaknya juga akan membuat peternakan bebek, belut dan tambak apung di Danau Perjito. “Kita juga mempunyai keinginan untuk menjadikan Danau desa Perjito menjadi agro wisata. Semua yang akan kita lakukan, sebelumnya telah dimusyawarakan melalui Muserbangdes terlebih dahulu dan semua usaha tersebut dikelola oleh warga kita sendiri,” tegas Roppudin.

Sementara itu, Hasan, salah satu warga yang mengolah tambak lele mengungkapkan bahwa tambak tersebut sudah satu kali panen.

Namun menurutnya, masih terdapat kendala yang dihadapi seperti kelangkaan pakan atau pelet dan kekurangan air, yang sumber airnya hanya bergantung pada air sumur di sekitar tambak. “Kita sudah satu kali panen namun ada kendala yaitu sulitnya pakan lele dan kurangnya sumber air,” pungkasnya. (dev)

News Feed