oleh

Perumnas Rahma Disulap Nihil Sampah

LUBUKLINGGAU, MS – Kelurahan Perumnas Rahma, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, Kota Lubuklinggau disulap menjadi kampung bersih tanpa sampah. Lounching kampung bersih tersebut langsung dilakukan oleh Walikota, H SN Prana Putra Sohe didampingi Ketua Tim Pengerak PKK, Hj Yetti Oktarina Prana, Jum’at (20/10/2017).

Nampak hadir, Wakil Walikota Lubuklinggau, H. Sulaiman Kohar, Dandim 0406 MLM, Letkol Kav Dodi, mantan Wakil Walikota, H. Eddy Syahputra, Sekda H. Rahman Sani, Kabag Ops Polres Lubuklinggau, Kompol Yudha, Kepala Dinas DP2PA, Heri Zulianta, Tokoh masyarakat, H Baijuri Asir, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pejabat dilingkungan Pemkot Lubuklinggau, forum CSR, kecamatan dan kelurahan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Lubuklinggau, Hj Yetti Oktarina Prana mengungkapkan, kampung bersih Perumnas Rahma merupakan salah satu program PKK setelah melakukan kunjungan di Palipuran, Bali beberapa waktu lalu. Berangkat dari itu, diyakini Perumnas Rahma juga dapat diwujudkan sebagai kampung bersih.

“Kampung bersih ini lebih mengedepankan jiwa gotong royong masyarakat serta sinergitas dengan pemerintah kota. Kedepan kita menginginkan kampung bersih ini dapat menjadi contoh bagi yang lain,” katanya.

Dia menuturkan, sebelum pelaksanaan program kampung bersih, masyarakat di Perumnas Rahma diberikan edukasi dan pelatihan dalam pengelolaan sampah organik dan non organik.

“Pertamakali dibutuhkan adalah kesadaran warga dalam menjaga kebersihan lingkungannya. Kini mereka dapat mendapatkan inkam dari pencacahan sampah non organik dan juga sampah organik. Kemudian disini juga ditanam 1500 batang tebu manis, dan kami juga berharap kampung ini minim emisi,” bebernya.

Salah satu tokoh masyarakat, Harun mengucapkan terimakasih atas kerja nyata yang dilakukan pemerintah kota bersama Tim Penggerak PKK. Dia berharap program yang sudah dilakukan dapat dilanjutkan pada tahun berikutnya. “Mulai dari gapura, tempat bermain anak sampai kebersihan lingkungan terjaga sekarang. Ini berkat partisipasi kita semua. Dan saya mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih,” katanya.

Sementara itu, Walikota Lubuklinggau, H. SN Prana Putra Sohe mendukung penuh program kampung bersih. Menurutnya, peranserta masyarakat serta kepedulian semua pihak menjadi barometer keberhasilan kampung bersih tersebut. “Kampung bersih ini nanti akan menjadi kampung jus pokat. Sebab dikelurahan Perumnas Rahma juga terdapat tanaman buah-buahan alpukat. Dengan sentuhan inovasi, kretivitas, kita tampilkan hasil-hasil itu dengan daya tarik tersendiri,” pungkasnya. (dhia)

News Feed