oleh

Selaraskan Program Pembangunan, Muratara Bentuk Forum CSR

Pemkab Musirawas Utara (Muratara) saat menggelar rapat akan membentuk Forum CSR.
Pemkab Musirawas Utara (Muratara) saat menggelar rapat akan membentuk Forum CSR.

MURATARA, MS – Percepatan pembangunan di daerah bisa tercipta jika ada keselarasan antara program sosial yang direncanakan pemerintah serta perusahaan melalui dana Coorporate Social and Responsibility (CSR). Guna mengakomodir tujuan tersebut, pemerintah kabupaten (pemkab) Musirawas Utara (Muratara) bakal membentuk Forum CSR Kabupaten Muratara.

Sekretaris Daerah (Sekda) Muratara, Abdullah Makcik mengatakan dibentuknya Forum CSR untuk memudahkan koordinasi program CSR di kalangan dunia usaha. “Masing-masing perusahaan memiliki program CSR sendiri. Nah, kami berusaha mengarahkan program sosial yang mereka buat dengan program sosial yang pemkab miliki,” ujar Abdullah usai memimpin Rapat Pembentukan Forum CSR di Ruang Bina Praja Sekretariat Daerah (Setda) Muratara, Kamis (28/7).

Abdullah menjelaskan pembentukan forum tersebut bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi di Kabupaten Muratara. Bahkan, dirinya memastikan, Pemkab Muratara bersama forum akan bisa menjalin sinergitas yang baik.”Nanti diagendakan lagi untuk pembentukan strukturnya, jadi harus disesuaikan dengan keadaan Muratara. Pembentukan forum ini sifatnya hanya sosial masyarakat dan bukan berpolitik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertambangan dan Lingkungan Hidup (Distamben-LH) Muratara, Alfirmansyah Karim mengaku, pembentukan Forum CSR, guna menyamakan persepsi, terkait program-program CSR perusahaan dengan Pemkab Muratara.”Agar dapat menyentuh langsung kebutuhan masyarakat, seperti, pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial dan infrastruktur. Harapannya, agar pelaksanaannya sesuai dan selaras dengan rencana pembangunan di Muratara. Namun, yang paling utama agar ada koordinasi yang baik antara pihak perusahaan dan masyarakat setempat,” pungkasnya. (sen)

News Feed