oleh

UBL Kerjasama Internasional Dengan Universitas di Romania dan Bulgaria

BANDAR LAMPUNG, MS – Universitas Bandar Lampung (UBL) terus memperluas kerjasama antar institusi perguruan tinggi secara internasional. Kerjasama ini dengan Danubis University of Galati (DUG) Romania dan University Of National and World Economy, Sofia, Bulgaria (UNWE).

Terlaksananya MoU dengan universitas tersebut, lewat penandatangan oleh Rektor UNWE Prof DSc (Econ) Statty Stattev, Bulgaria serta Rektor DUG Prof. Andy Pusca, Romania dan Rektor UBL Dr Ir M Yusuf S Barusman, MBA baru baru ini.

“Pihak mereka (kedua Universitas) sama-sama ingin menerapkan program pendidikan, kursus serta sesi pelatihan mereka kepada para mahasiswa dan dosen dari tiap-tiap kampus,” ungkap Yusuf Barusman.

Rektor juga menambahkan bahwa program tersebut akan dilakukan dengan bentuk kerja sama sebagai fasilitator. “Akan ada bentuk seminar, konferensi serta training workshop dan juga beberapa aktifitas yang bersifat educational yang hadir dari kerja sama ini,” tambahnya.

Rektor juga menjelaskan bahwa MoU ini adalah bukti kiprah UBL dalam bidang kerja sama tingkat International. “Kedua Universitas ini (UNWE dan DUG) memberikan kesepakatannya terkait kerjasama dalam pembangunan karakter pendidikan kepada dosen, staff serta mahasiswa,” ungkapnya.

“Kesepakatan dengan Universitas di Bulgaria serta Universtias di Romania ini menjadi salah satu keberhasilan, pengembangan dan recognition kualitas kampus UBL di tingkat dunia,” jelas Yusuf Barusman.

Rektor UBL juga menjelaskan bahwa penandatanganan MoU itu memiliki konten kesepakatan, yang memiliki aspek dan dampak besar bagi UBL terutama pada aspek pembangunan karakter pendidikan terkait tri dharma perguruan tinggi.

Sementara, Manager International Relations Office (IRO), Bery Salatar  menambahkan dengan adanya kerjasama MoU dengan kedua Universitas menandakan bahwa kampus berjargon ‘Solution For Present and Future’ ini memiliki eksistensi dari tingkat prodi hingga fakultas, yang terus meningkat menuju level internasional.

“Kerjasama ini meliputi program-program pendidikan seperti pertukaran pelajar dan studi lanjut dari tingkat dosen dan mahasiswa, program penelitian dan publikasi hasil penelitian serta akademik,” ucapnya. (sal/ril)

News Feed