oleh

Anggaran Pendidikan dan Kesehatan Mesti Lebih Besar

LUBUKLINGGAU, MS – Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Lubuklinggau, mendesak agar anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), memperjuangkan agar kucuran dana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan untuk di Kota Lubuklinggau, jauh lebih besar dibandingkan daerah lain.

Hal ini cukup beralasan, mengingat letak geografis Kota Lubuklinggau yang diapit sejumlah kabupaten tetangga lain, khususnya Kabupaten Musirawas dan Kabupaten Musirawas Utara (Muratara). Dan selama ini, notabenenya banyak masyarakat dari daerah-daerah tersebut, menikmati fasilitas kesehatan dan pendidikan di Kota Lubuklinggau.

“Contoh saja dari tempat tinggal. Dari Musirawas dan Muratara, malah banyak pegawainya yang tinggal dan menetap di Kota Lubuklinggau, sehingga secara otomatis mereka menyekolahkan anak-anaknya disini dan jika berobat juga di Kota Lubuklinggau,” ungkap Hendi Budiono, anggota Komisi III DPRD Kota Lubuklinggau dalam Kegiatan Koordinasi Sharing Anggaran Pendidikan dan Kesehatan Sumsel Tahun Anggaran 2017 bersama anggota DPRD Provinsi Dapil VIII Komisi V di Gedung DPRD Kota Lubuklinggau, Rabu (2/11).

Sementara itu, Anggota Komisi I DPRD Kota Lubuklinggau, Yeni Risnawati turut mendukung, agar kucuran anggaran dari Pemprov Sumsel ke Kota Lubuklinggau mesti lebih besar. Hal ini, dengan berbagai pertimbangan, terutama jumlah penduduk yang jauh lebih banyak.

“Dibandingkan daerah lain, Lubuklinggau semestinya dapat kucuran dana lebih besar, karena banyak warga yang menyekolahkan anak-anaknya di Kota Lubuklinggau. Termasuk, warga dari luar daerah juga banyak yang berobat di Kota Lubuklinggau. Sehingga, anggaran pendidikan dan kesehatan, layak lebih besar didapat. Dibanding daerah lain, jumlah penduduk disini jauh lebih banyak,” jelasnya.

Terpisah, Anggota Komisi V DPRD Provinsi Sumsel, Sri Hernalini memastikan, akan menyampaikan seluruh aspirasi dari DPRD Kota Lubuklinggau ke Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin.

“Akan kita sampaikan semuanya, namun memang kita juga akan terapkan skala prioritas dalam hal penganggaran. Namun, apa yang disampaikan, semuanya bertujuan baik dan diharapkan bisa direalisasikan oleh Pemprov Sumsel,” ungkapnya. (sen)

News Feed