oleh

Berwisata Harus Tetap Mematuhi Prokes

PAGARALAM, MS – Pemerintah Kota Pagaralam melalui Dinas Pariwisata Pagaralam mengimbau para pengunjung tempat wisata kebun teh Gunung Dempo, Kota Pagaralam, Provinsi Sumatera Selatan harus tetap mematuhi Protokol kesehatan (Prokes).

“Libur panjang Idul Fitri 1442 H ini banyak dimanfaatkan orang-orang untuk mengunjungi tempat wisata,” ujar Kepala Dinas Pariwisata, Kota Pagaralam M Burlian saat dikonfirmasi melalui Whatsapp (WA), Sabtu (15/05/2021).

Dikatakan dia, pihaknya tidak bisa melarang masyarakat untuk berwisata. “Intinya kalau ketempat wisata harus tetap mematuhi protokol kesehatan,” tegasnya.

Bahkan, pihaknya sudah menyiapkan berbagai langkah taktis untuk mengantisipasi timbulnya keramaian warga yang hendak berlibur. “Kita sudah menyiapkan tim untuk memantau dan kita perketat protokol kesehatan. Dan sesuai dengan anjuran pemerintah dengan menambahkan fasilitas cuci tangan, cairan antiseptik, selain itu pengujung yang di dalam kawasan wisata pengunjung dapat memperhatikan spanduk yang bertuliskan imbauan yang dipasang di area wisata yang terletak di sejumlah kawasan wisata di Kota Pagaralam Provinsi Sumatera Selatan,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Dinas Pariwisata juga mengimbau kepada tamu hotel atau villa di Kota Pagaralam untuk dapat mematuhi Prokes.

KBO Binmas Polres Pagaralam Rizal saat dibincangi di pos pantau pengamanan Idul Fitri dalam rangka Ops Ketupat Musi 2021 yang terletak tepat di Gerbang Gunung Gare menjelaskan sesuai dengan undang-undang yang berlaku mobil pick up disuruh putar balik arah untuk mengantisipasi kerumunan serta kejadian yang tidak diinginkan.

“Untuk pengendara atau pengunjung wisatawan yang lainnya yang tidak menggunakan masker atau tidak menggunakan helm terpaksa kita suruh putar balik arah dulu untuk mencari masker serta melengkapi helm. Ini bukan berarti tidak diperbolehkan berwisata, jika sudah melengkapi semuanya kita persilakan untuk berwisata,” pungkasnya.

Pantauan dilapangan pos pengamanan dari pihak Polres Pagar Alam juga memperketat di pintu masuk gerbang retribusi wisata Gunung Dempo. Terlihat saat petugas Polres Pagar Alam menyuruh putar balik arah kepada pengendara mobil pick up. (Len)

News Feed