oleh

Camat Ajak Warga Bersihkan Saluran Drainase Perumnas Gupi

PAGARALAM, MS – Untuk mencegah agar tidak kembali terjadinya luapan air banjir dari pegunungan yang menggenangi pemukiman warga perumnas Gupi , Camat Pagaralam Utara mengajak masyarakat di lingkungan tersebut bergotong royong membersihkan saluran drainase RT 07 RW 03 di depan Perumnas Gupi. Kegiatan itu dibantu Lurah, Babinkantibmas, Babinsa serta rombongan Tim Kotaku yang bertempat di Kelurahan Siderojo, Kecamatan Pagar Alam Utarah, Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (03/06/2021).

Saat dibincang i awak media Romli (52) warga setempat menuturkan dirinya bersama masyarakat serta dibantu pihak camat, lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas membersihkan dan menggali kembali saluran drainase yang tersumbat akibat banyaknya sampah di pinggir jalan depan Prumnas Gupi.

“Akibat hujan yang deras mengakibatkan saluran drainase tersebut tak dapat menampung tingginya debit air yang mengakibatkan luapan air tersebut mengenai badan jalan dan rumah disekitarnya,” ungkapnya.

Camat Pagar Alam Beta Agustin saat dikonfirmasi melalui whatsapp (WA)mengatakan, setelah melakukan musyawarah secara bersama, pihaknya langsung mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bergotong royong, dan menggali kembali saluran drainase tersebut, agar aliran air banjir dari arah pegunungan sekitar dapat berjalan dengan lancar, serta meminimalisir terjadinya luapan air yang menggenangi pemukiman warga. “Kita bergotong royong di wilayah Pagar Utara,Kelurahan Pagar Alam yaitu depan SMA N I Kota Pagar Alam yang merupakan wilayah yang kerap terdampak banjir saat musim hujan deras tiba termasuk Belakang Pu, Jagalan dan Demporeokan,” jelasnya.

Setelah upaya dengan melakukan penggalian saluran Drinase yang tersumbat, Arlin warga setempat berharap, agar Pemerintah Kota Pagar Alam dapat memperhatikan kelanjutan pengerjaan serta pelebaran ruas saluran drainase tersebut, ini dimaksudkan agar air yang turun dari pegunungan ketika pada hujan deras tiba tidak meluap dan menggenangi pemukiman warga.

“Kalau ini sudah diperbaiki, maka akan bisa membantu melancarkan aliran air hujan deras agar bisa mengalir dengan lancar sampai kesungai juga dengan tidak membuang sampah sembarangan untuk itu mari kedepanya kita membuang sampah pada tempatnya ,” pungkasnya. (Len)

News Feed