oleh

Ciptakan Kondisi Kamtibmas, Polisi Razia Petasan

PAGARALAM, MS – Pada bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah, Polsek gabungan Pagaralam Utara dan Selatan melakukan razia terhadap pedagang petasan.

Razia petasan ini dipusatkan di seputaran Pasar Dempo Permai, Jalan Gunung, Lapangan Merdeka Alun Alun Utara wilayah hukum Polsek Pagaralam Utara, Kamis (15/4/2021), sekitar pukul 13.30 WIB.

Sebelum razia digelar, dilakukan terlebih dahulu apel persiapan dipimpin langsung Kapolsek Pagaralam Utara Iptu Hamdani, SH didampingi Kapolsek Pagaralam Selatan Ipda Akhirudin, SH yang dikuti tim gabungan personel Polsek Pagaralam Utara dan Polsek Pagaralam Selatan dengan jumlah 35 orang di halaman Mapolsek Pagaralam Utara.

Pada pelaksanaan kegiatan razia dibagi dua tim dengan tugas yakni personel Polsek Pagaralam Utara dipimpin Kapolsek Pagar Alam Utara Iptu Hamdani melaksanakan giat razia terhadap pedagang petasan di seputaran Dempo Permai, Lapangan Merdeka Alun Alun Utara, dan Jalan Gunung.

Sedangkan personel Polsek Pagaralam Selatan dipimpin Kapolsek Pagaralam Selatan Ipda Akhirudin, SH melaksanakan razia di seputaran Pasar Dempo Permai dan Pasar Ramadhan Terminal Nendagung wilayah hukum Polsek Pagaralam Utara.

Hasil razia serentak tersebut, sebanyak enam pedagang didata dan dijatuhi sanksi berupa penyitaan petasan ke Mapolsek Pagaralam Utara.

Kapolsek Pagaralam Selatan IPDA Akhirudin SH ketika dikonfirmasi membenarkan adanya razia terhadap pedagang petasan. “Razia ini digelar untuk menciptakan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) pada saat bulan suci Ramadhan. Kegiatan ini merupakan Cipkon (cipta kondisi) untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada seluruh masyarakat Kota Pagar Alam terutama umat muslim yang sedang menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan,” tegasnya.

Hal ini dilakukan, menurut dia, karena sudah sangat menggangu masyarakat yang akan melakukan Sholat Tarawih.

“Penertiban penjualan petasan tersebut berdasarkan undang-undang darurat NO 12 tahun 1951 karena petasan termasuk bahan peledak yang bisa membahayakan keselamatan manusia,” jelasnya.

Ia mengingatkan para pedagang petasan untuk menjual jenis petasan apa saja yang masih boleh dijual. “Kalau masih ada yang membandel nanti terpaksa kita sikat,” tegasnya.

Dari kegiatan razia didapat beberapa barang bukti dan untuk sementara barang bukti diamankan di Polsek Pagar Alam Selatan. (len)

News Feed