oleh

Guna Ciptakan Pemilu Aman, Lancar, Jujur dan Adil, KPU OKUT Gelar Sosialisasi Serta Simulasi Pemilih dan Si Rekap

OKUTIMUR, MS – Guna menciptakan Pemilu 2024 lancar, aman, baik, jujur dan adil. Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU Timur menggelar sosialisasi serta simulasi pemilihan umum sekaligus simulasi penerapan aplikasi si rekap.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T serta diikuti oleh KPPS dan PPS serta Operator Aplikasi si Rekap se-Kabupaten OKU Timur, bertempat di Bina Praja I Sekretariat Daerah OKU Timur, pada Selasa (30/1/2024).

Menurut Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T mengatakan, simulasi ini sebagai tolak ukur terlaksananya pemilu dengan damai.

“Simulasi ini sangat penting untuk terlaksananya pemilu, berharap semua KPPS dan PPS serta Operator dapat mengikuti dengan baik simulasi ini,” ujarnya.

Bupati berharap pemilu ini berlangsung damai, tentram dan sehat, sehat bagi petugas penyelenggara di lapangan,

“Saya yakin KPU dan Bawaslu punya petunjuk teknis bagi petugas penyelenggara pemilu. Saya berharap, partisipasi pemilih di Kabupaten OKU Timur di atas 80%,” tuturnya.

Sementara, Ketua KPU OKU Timur Denis Firmansyah mengatakan, bahwa saat ini rangkaian tahapan sudah siap, pemilu tinggal menghitung hari.

“Dengan kesiapan yang ada, diharapkan pemilu dapat dilaksanakan pada 14 Feruari 2024 terlaksana dengan lancar, aman, baik, jujur dan adil,” harapnya.

Denis juga mengatakan KPU bersikap netral, dan juga berharap PPK dan PPS dapat melaksanakan tugas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kita boleh beda pilihan tapi perbedaan untuk menyatukan, pemilu sebagai sarana integrasi bangsa sesuai dengan tema pemilu 2024,” bebernya.

Dalam kesempatan ini juga, Dandim 0403 OKU Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine, mengatakan pemilu adalah salah satu momentum kedewasaan kita dalam berdemokrasi.

“Saatnya kita tunjukan bahwa kita mampu berdemokrasi,” ucapnya.

Menurutnya, dalam kegiatan pemilu ini harus menjalankan idiologi negara yaitu pancasila. Dirinya percaya kegiatan ini akan berjalan dangan lancar dan sesaui dengan harapan.

“TNI siap bersinergi, berkolaborasi dan mendukung pemilu secara penuh,” tegasnya.

Lebih lanjut, Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono S.I.K, M.H pada kesempatan ini meminta agar tetap menjaga netralitas para KPPS dan PPS dalam melaksanakan tugas sesuai aturan.

Kepolisian siap mem-backup penuh personil keamanan, dan semuanya kita sudah bagi tugas termasuk pengamanan di titik rawan,” jelasnya.

“Kita tetap pertahankan predikat Sumsel Zero Konflik dan ini menjadi tangung jawab kita bersama,” pungkasnya. (Boy)

News Feed