You are here
KPUD Gelar Pleno, Akis-Baikuni Hanya Kurang 893 Dukungan Untuk Melenggang ke Pilkada 2020 HEADLINE POLITIK & PEMERINTAHAN 

KPUD Gelar Pleno, Akis-Baikuni Hanya Kurang 893 Dukungan Untuk Melenggang ke Pilkada 2020

MURATARA, MS – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) gelar rapat Pleno terbuka. Rapat di gelar guna mengetahui Hasil Rekapitulasi Verifikasi Faktual Syarat Bakal calon perorangan Bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2020.

Pada rapat pleno tersebut di hadiri langsung oleh Bapaslon Perseorangan H.Akisropi Ayub Baikuni, Ketua Bawaslu Muratara, Waka Polres Jossi, Kaban Kesbangpol, Danramil Rupit seluruh PPK Se-Kabupaten Muratara.

Ketua KPU Muratara Agus Maryanto menyampaikan, rapat pleno hasil rekapitulasi verifikasi faktual syarat bakal calon perseorangan di tingkat kabupaten.

Lanjut, hasil dari 7 kecamatan menyatakan bahwa yang memenuhi syarat dari bakal calon Akisropi Ayub dan Baykuni berjumlah 13.975 artinya kalo berdasarkan syarat 10% dari DPT terakhir 14.868 ada kekurangan sebesar 893. “Jadi 893 ini lah yang harus di perbaiki pada masa perbaikan,” ujarnya.

Perbaikan tersebut dilakukan dengan menyampaikan dokumen dua kali lipat dari jumlah kekurangan. “Untuk itu kami hari rabu akan mengundang bapaslon kembali secara resmi untuk memberitahu kekurangan yang harus di penuhi di masa perbaikan, serta tahapan-tahapan perbaikan yang harus di lakukan,” pungkasnya

Dikatakannya, Bapaslon boleh menyampaikan lebih dari ke kurang tersebut dan minimal 2 kali lipat dari kekurangan, namun juga dengan mempertimbangkan waktu perbaikan.

Ia juga mengatakan bahwa tahapan perbaikan itu cukup singkat.
“Masa perbaikan itu cukup singkat yaitu 4 hari, verifikasi faktual nantinya mereka tidak lagi sensus, nanti di kumpulkan di suatu desa dan tidak kerumah-rumah lagi,” kata Agus saat di wawancarai awak media, Senin (20/7/2020).

Sementara itu untuk syarat sebaran wilayah seharusnya minimal 4 kecamatan, namun untuk itu bapaslon sudah lolos pada syarat sebaran karena di setiap kecamatan ada sebaran dukungan yakni dari 7 Kecamatan itu sudah maksimal.

“Untuk verifikasi berakhir pada 28 Agustus 2020,” kata Agus.

“Semoga dengan adanya paslon perseorangan ini akan menjadi suatu warisan pendidikan bagi generasi Selanjutnya barangkali ada yang ingin memilih jalaur ini,” harapnya.

Rapat pleno Hasil Rekapitulasi Verifikasi Faktual Syarat dukungan calon perseorangan berjalan sukses, dan pastinya dengan menerapkan protokol kesehatan. (lian)

Related posts

Leave a Comment