oleh

Pembuatan KTP dan KK Diduga Kades Patok Biaya Ke Warga

PAGARALAM, MS – Warga masyarakat Desa Pajar Bulan keluhkan kepengurusan pembuatan KK, KTP, dan pembuatan surat pindah dari Kota Pagar Alam ke Kabupaten Lahat. Hal itu diungkapkan Tony (35) warga Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat, Sumsel kepada awak media, Senin (07/03/2021).

Dikatakan dia, awal mula Kepala Desa (Kades) setempat mengatakan pembuatan KTP dan KK tidak dipungut biaya. “Tapi setelah KK dan KTP selesai kami di minta biaya patokan sebesar Rp75 Ribu untuk per aitemnya. Jadi itu ada 3 Aitem kami harus membayar uang sebesar Rp225.000 (Dua Ratus Dua Puluh Lima Ribu Rupiah) dengan alasan jasa oknum. Kami merasa tertipu kalau omongannya dari semula tidak seperti itu tapi kenyataan nya ada pematok anggaran,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Lahat Iskandar Supratman SE,MM di dampingi Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Nangkada Lindungan Putra ketika dikonfirmasi awak media mengatakan sejauh ini pihaknya dari pihak Dinas Dukcapil telah berupaya mengumumkan setiap hari dengan durasi 30 menit setiap jam kerja. dan telah berkomitmen 5 menit berkas masuk dukumen yang diurus oleh masyrakat harus sudah selesai. “Ini sudah kami terapkan dari awal tahun 2021 dan kalau pun ada pungli dari oknum silakan dilaporkan ke aparat hukum,” ungkapnya.

Disisi lain Kades Pajar Bulan Deby Saherli ketika di konfirmasi via telpon mengatakan terkait pembuatan KK dan KTP baru gratis. “Belum ada yang membayar kepada saya. Dan kalau mau naik berita silakan itu tugas kamu,” tegasnya. (Len)

News Feed