You are here
Kembangkan Pengolahan Nanas, Pemkot Prabumulih Kunjungi Lampung DAERAH 

Kembangkan Pengolahan Nanas, Pemkot Prabumulih Kunjungi Lampung

Pengolahan buah nanas di Lampung.
Pengolahan buah nanas di Lampung.

PRABUMULIH, MS – Guna mengembangkan budi daya dan pengolahan nanas, Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih melakukan kunjungan kerja ke PT Great Giant Pineapple dan PT National Tropical Food yang berada di Kota Lampung.

Walikota Prabumulih Ir Ridho Yahya MM melalui Kepala Dinas Pertanian Peternakan Perikanan Perkebunan dan Kehutanan (DP4K) kota Prabumulih, Syamsurizal menuturkan, dalam waktu dekat Pemkot Prabumulih akan mendapatkan bantuan pengembangan 150 hektar tanaman nanas dari Kementerian.

“Makanya kami (pemkot, red) melakukan kunjungan ke PT Great Giant Pineapple dan PT National Tropical Food di Kota Lampung ini,” ungkap Syamsurial, kemarin.

Menurut dia, kunjungan ke Lampung kali ini sangat bermanfaat sekali. “Perusahaan itu memiliki lahan dan pengolahan produk nanas sendiri,” ungkapnya.

Bahkan, dua perusahaan sudah memasarkan produk nanas ke 60 negara didunia. “Lahan yang mereka miliki itu sekitar 30 ribu hektar. Bukan nanas segar saja yang di ekspor. Tapi produk buah kaleng dan selai juga di ekspor,” jelasnya.

Untuk itulah, pihaknya akan berusaha mengelola 150 hektar kebun nanas agar menghasilkan buah yang terbaik. “Ya, 150 hektar itu bisa menghasilkan 5 ton nanas,” pungkasnya.

Bahkan, menurut dia, Prabumulih tidak susah lagi memasarkan buah nanas. “Lampung siap menerima pasokan dari Prabumulih asalkan buahnya memenuhi kriteria. Jarak Prabumulih ke Lampung tidak begitu jauh,” imbuhnya. (nor)

Related posts

Leave a Comment