oleh

Polres OKU Timur Gelar Pelatihan Simulasi Sispamkota Ops Mantab Brata 2023-2024

OKUTIMUR, MS – Polres OKU Timur Polda Sumsel melaksanakan kegiatan Latihan Simulasi Sispamkota Ops Mantab Brata 2023-2024.

Pelatihan Simulasi Sispamkota ini dipimpin langsung oleh Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono, SIK, MH bertempat di Halaman Apel Satya Haprabu Polres OKU Timur, Jumat (6/10/2023).

Dalam pelatihan ini, bertindak sebagai pemberi materi Kabag Ops Kompol Alex Andriyan S.i.Kom, Kasat Samapta AKP Jumeidi SH, dan KBO Samapta IPTU Zulkifli, Kanit Dalmas IPDA Romensus Sihombing, SH.

Peserta pelatihan terdiri dari Personel Sat Samapta gabungan yang terdiri dari Dalmas Kerangka dan Dalmas Inti/Dalmas Lanjutan.

Personel Sat Reskrim sebagai Tim Tindak, Personel Sat Intelkam gabungan sebagai Tim Bulsit, Personel Sat Binmas dan gabungan Polwan sebagai Tim Negosiator.

Sedangkan, untuk Personel Si Dokkes sebagai Tim Kesehatan dan Personel Humas Sebagai Tim Dokumentasi.

Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono SIK, MH mengatakan, setelah masing masing Tim pemberi Materi memberikan arahan bagaimana SOP cara menghadapi massa unjuk rasa (Unras), dan dilanjutkan dengan pelatihan simulasi Unras.

“Dalam pelatihan simulasi Unras ini dengan skenario massa yang cukup ramai mendatangi kantor KPU, dikarnakan mereka tidak puas dengan hasil hitung suara setelah dilakukan Negosiator massa masih tetap tidak terima dengan keputusan yang disampaikan, segingga massa melakukan tindakan-tindakan yang anarkis dengan cara melempari petugas,” katanya.

Melihat massa yang berbuat anarkis kemudian Tim Dalmas inti lengkap dengan Peralatan menghalau Massa.

Selanjutnya Tim tindak dapat menangkap beberap orang propokator massa anarkis dan pada akhirnya massa pendemo dapat dipukul mundur.

“Terdapat massa yang mempropokasi massa didapati membawa senjata tajam langsung diamankan oleh Tim Tindak dan massa serta personel yang terluka segera ditangani perawatan oleh Tim Kesehatan (medis),” ucapnya.

Kemudian, Tim Humas melakukan Dokumentasi berupa photo dan vidio terhadap massa yang melakukan tindakan anarkis

“Selanjutnya situasi dapat dikuasai dalam keadaan aman dan terkendali. Pelatihan Simulasi Simpamkota Berakhir pada pkl 09.45 Wib situasi aman terkendali,” tegasnya. (Boy)

News Feed