You are here
Tingkatkan Potensi Kerajinan, Pemdes Akan Lauching Batik Khas Muratara DAERAH HEADLINE 

Tingkatkan Potensi Kerajinan, Pemdes Akan Lauching Batik Khas Muratara

MURATARA, MS – Untuk memperkenalkan ciri khas daerah, sekaligus menggali potensi kerajinan daerah, Pemerintah Desa (Pemdes) Bingin Rupit, Kecamatan Rupit membuka sayembara pembuatan batik khas Desa Bingin Rupit dengan motif Pohon Beringin dan Danau Biru.

Bahkan, panitia pun mengaku produk hasil sayembara, dipastikan akan siap untuk bersaing dengan desa lain, terutama dalam acara Lauching Batik khas Musirawas Utara (Muratara) pada Januari 2017 mendatang.

Kepala Desa (Kades) Bingin Rupit, Henki menjelaskan, tidak lama lagi, yakni Januari hingga Maret 2017 nanti, Pemkab Muratara hendak melauching batik khas Muratara, sehingga pihaknya sudah mulai mencari dan menyiapkan batik dalam launching tersebut.

“Kita sudah memiliki peserta untuk mengikuti launching batik ciri khas Muratara mendatang, dan mudah-mudahan bisa masuk kategori motif batik Desa Bingin Rupit di tingkat Kabupaten,” jelasnya.

Diakuinya, pemilihan motif tersebut, sesuai dengan objek wisata di desa itu, yakni Danau, sehingga diharapkan mampu menjadi salah satu icon objek wisata andalan di Kabupaten Muratara.

“Kita akan promosikan juga motif tersebut dengan mengaplikasikannya di baju andalan desa, seperti baju perangkat desa, baju batik tenaga pengajar di Bingin Rupit, termasuk dipakai pelajar juga,” ungkapnya. (Dhiae)

Related posts

Leave a Comment