You are here
4 Desa Dapat Bantuan 25.937 Ton Benih Padi DAERAH 

4 Desa Dapat Bantuan 25.937 Ton Benih Padi

H Devi Suhartoni
H Devi Suhartoni

MURATARA, MS – Sedikitnya 4 desa yang ada di wilayah Kecamatan Rawas Ilir mendapatkan bantuan sebanyak 25.937 ton benih padi yang dibagi secara bervariasi. Yakni Desa Pauh 15.812 ton, lalu Desa Pauh I, 1.250 ton, Desa Batu Kucing, 1.375 ton dan Desa Belani sebanyak 7.500 ton.

Bantuan benih padi tersebut, diberikan untuk meringankan beban para petani akibat banjir bandang yang melanda beberapa bulan lalu dan langsung diberikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musirawas Utara (Muratara) melalui Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Muratara.

“Kita telah memberikan bantuan benih dengan petani yang lahannya rusak akibat terendam banjir beberapa bulan yang lalu, ” ungkap Kepala DPPKP, Ilyas, kemarin.

Dijelaskannya, bantuan tersebut diberikan berdasarkan hasil survei Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). “Dari hasil tersebut, kami langsung berkoordinasi dengan Bupati dan Wakil Bupati Muratara, untuk mengajukan bantuan benih dengan Kementerian Pertanian. Ini bantuan dari pusat,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Muratara, H Devi Suhartoni menyampaikan, pihaknya berharap kedepan Muratara dapat swasembada pangan melalui program-program pertanian yang kini mulai direalisasikan Pemkab Muratara.

“Kita berupaya menjadikan Muratara swasembada beras. Selain benih padi, kita akan terus berusaha memberikan bantuan lain, seperti mesin perontok padi, agar petani mudah untuk memproses padi,” ungkapnya. (sen)

Related posts

Leave a Comment