oleh

Anugerah Meritokrasi Tahun 2023, Pemkab OKU Timur Raih 2 Penghargaan dari KASN

OKUTIMUR, MS – Pemerintah Kabupaten OKU Timur kembali mendulang prestasi di penghujung tahun 2023, kali ini Pemkab OKU Timur meraih penghargaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dalam Anugerah Meritokrasi Tahun 2023, Kamis, 07 Desember 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua KASN Agus Pramusinto di Kraton Grand Ballroom Mariot Hotel Yogyakarta dan diterima langsung oleh Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T. didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Sutikman, S.Pd., M.M.

Dalam sambutan dan arahannya, Ketua KASN Agus Pramusinto mengatakan pelaksanaan Anugerah Meritokrasi merupakan wujud keteguhan KASN dalam mengawal pengawasan penerapan sistem merit di tengah masa transisi. Disahkannya UU No. 20 Tahun 2023 tentang ASN mengubah manajemen ASN secara substansial.

“Meskipun demikian, kami akan terus mendorong keberadaan fungsi pengawasan sistem merit yang efektif di masa depan untuk menjaga keberlanjutan meritokrasi,” katanya.

Di samping itu, Agus mengajak para ASN untuk mempertahankan integritas, profesionalisme dan netralitas. ASN harus menjadi teladan, terutama menjelang pemilu serentak untuk menunjukkan pelayanan publik yang objektif, adil dan bebas dari pengaruh politik.

“Netralitas bukan sekedar kepatuhan terhadap regulasi, tetapi juga pemeliharaan kepercayaan publik terhadap lembaga pemerintahan. ASN harus menghindari politik praktis untuk mengeliminasi konflik kepentingan dan menjaga imparsialitas birokrasi,” tegasnya.

Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T. seusai menerima penghargaan mengapresiasi terhadap keberhasilan instansi dalam menerapkan sistem merit.

“Terimakasih kepada seluruh ASN, terkhusus untuk BKPSDM yang senantiasa melakukan pembinaan kepada seluruh ASN. Saya berharap, BKPSDM terus berinovasi menciptakan terobosan-terobosan, baik dalam peningkatan sistem merit dan lainny,” ucapnya.

Menurut Bupati, dengan diraihnya penghargaan ini menandakan jabatan ASN yang ada di Bumi Sebiduk Sehaluan dipilih secara berkeadilan.

“The right man on the right place, visi pertama dari OKU Timur Maju Lebih Mulia, awal pondasi dari kemajuan yang ada di OKU Timur ada di sini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM OKU Timur Sutikman, S.Pd., M.M. mengungkapkan bahwa pada Anugerah Meritokrasi Tahun 2023, Pemkab OKU Timur meraih 2 penghargaan sekaligus dengan predikat baik.

“Alhamdulillah, Pemkab OKU Timur meraih 2 penghargaan sekaligus yaitu Indeks Sistem Merit dengan nilai 283,5 dan Indeks Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dengan nilai 84, semuanya kategori baik. Terimakasih untuk ASN OKU Timur,” tuturnya.

Untuk diketahui, mulai 2019 hingga akhir 2023 ini, KASN telah menilai penerapan sistem merit di 583 instansi pemerintah. Adapun hasilnya, 91 instansi pemerintah ditetapkan dalam kategori “Sangat Baik”, 157 pada kategori “Baik”, 78 pada kategori kurang, dan juga 191 instansi pemerintah dalam kategori buruk.

Kemudian, dalam hal Indeks Kualitas Pengisian JPT, terdapat 63% dari 431 instansi pemerintah yang dinilai mencapai kategori “Baik” dan “Sangat Baik”.

Selanjutnya, berdasarkan evaluasi tingkat kepatuhan pelaksanaan nilai dasar, kode etik, dan kode perilaku (NKK) ASN di instansi pemerintah, tahun ini sebanyak 62,5% dari 16 instansi pemerintah mencapai kategori “Patuh”. (Boy)

News Feed