oleh

Desa Lubuk Tanjung Gelar Musdes Penyusunan RKPDES

EMPAT LAWANG, MS – Musdes penyusunan RKPDES adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap desa pada tahun anggaran. Kegiatan ini merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa  (RPJMDES) selama 1 (satu tahun) ke depan Desa Lubuk Tanjung, Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan, sekaligus pembagian BLT tahap ke 4 kepada 22 KPM, Selasa (26/12/2023).

Musyawarah desa atau disebut Musdes RKPDES Tahun 2024 yang di fasilitasi oleh BPD, berlangsung pukul 13:23 Wib – selesai, yang dilaksanakan di Kantor Desa Lubuk Tanjung, Kecamatan Muara Pinang.

Acara ini di hadiri oleh Camat, Polsek, Danramil, Sekcam dan staf, Ketua BPD dan anggota, perangkat desa, TP-PKK, PD, PLD, Karang Taruna dan masyarakat setempat.

Kepala Desa Lubuk Tanjung Iwan Supansi menuturkan, kegiatan rutin dilaksanakan pada setiap tahun anggaran, acara ini merupakan penjabaran dari rencana pembangunan jangka menengah desa RPJM Desa selama setahun kedepan.

“BPD selaku pelaksana agenda Musdes, kita tahu bersama dalam Musdes RKPDesa ini adalah untuk mencapai tujuan yang ingin kita capai bersama dalam perencanaan tahunan dan juga dalam mewujudkan rencana pembangunan desa lebih baik ke depan agar tercapainya pemanfaatan potensi desa secara maksimal, efisien dan efektif dalam pembangunan menuju desa yang maju, mandiri dan sejahtera serta berkembang. Jadi silahkan usulkan apa yang perlu kita bangun, ” terang dia.

Camat Paizal Hendrawan, SE, MM, menuturkan, penyusunan dan penetapan RKPDES mempunyai maksud dan tujuan dari kerja pemerintah desa yaitu sebagai dokumen perencanaan yang memuat pokok-pokok kebijakan pembangunan desa dan menuntun ke arah tujuan pencapaian visi dan misi setiap tahunnya.

Sambung Camat, RKPDES ini memuat rancangan program dan kegiatan rencana kerja yang menjadi sekala prioritas untuk tahun 2024 mendatang, baik di bidang pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan bidang pemberdayaan masyarakat secara musyawarah dan demokratis.

“Untuk itu, diharapkan baik dari kami Pemerintah kecamatan maupun komponen lembaga dan masyarakat desa dapat bersinergis untuk mendorong pemulihan perekonomian di desa melalui program – program yang akan dibahas saat ini, utamakan sekala prioritas yang lebih urgen,” pungkasnya.

Beberapa item RKPDES Tahun Anggaran 2024 mendatang, sia berharap kepada masyarakat tidak merasa bosan untuk melaksanakan musdes yang di selenggarakan di desa, karena proses kegiatan di desa atas dasar musyawarah, kemudian kepada peserta rapat untuk senantiasa mengusulkan kegiatan yang bersifat skala prioritas, sehingga target dan sasaran tercapai.

Kemudian ia berharap kepada pemerintah desa agar senantiasa aktif untuk berkomunikasi dengan BPD dan lembaga lainnya.

“Usai Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDES) Lubuk Tanjung Tahun Anggaran 2024 di teruskan pembagian BLT-DD tahap Ahir, terhitung bulan Oktober, November dan Desember,” tutupnya. (Tarzanboy)

News Feed