oleh

Hidayat Muhammad Beserta Anggota DPRD Dapil 3 Gelar Reses Tahap III

Empat Lawang, MS – Dalam upaya menghimpun aspirasi masyarakat, anggota DPRD Hidayat Muhammad beserta anggota DPRD dapil 3 menggelar reses tahap III tahun 2023 di PT. ELAP/KKST Divisi 3 Desa Nanjungan, Kecamatan Pendopo, Rabu (20/12/23).

Wakil rakyat kembali turun gunung untuk menemui konstituennya dan menjaring aspirasi yang akan menjadi bahan pembahasan untuk direalisasi demi mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Empat Lawang khususnya permasalahan di PT. ELAP/KKST terutama pemberhentian besar-besaran dan terkait masalah plasma yang terkatung – katung.

Anggota DPRD Hidayat Muhammad, bersama DPRD Mehmed Reza, DPRD Epi Lupita, staf Sekwan, Camat Pendopo, Kapolsek, Kades yang berasal dari dapil 3 Kecamatan Pendopo Barat, Pendopo Induk dan Sikap Dalam serta beberapa masyarakat.

Hidayat Muhammad menyampaikan, anggota DPRD dapil 3 lakukan reses tahap III yaitu silaturahmi sekaligus mendengarkan keluh kesah dan masukan serta aspirasi dari masyarakat dan pihak PT. ELAP yang sering terjadi masalah antara pihak perusahaan dengan masyarakat, tujuan kami masyarakat sejahtera dan perusahaan maju.

“Aspirasi warga itu akan dibawa ke Kantor DPRD Empat Lawang untuk dibahas dan dimasukkan kedalam pokok-pokok pikiran para anggota DPRD untuk kepentingan masyarakat banyak. Selain itu aspirasi masyarakat yang terhimpun dalam kegiatan reses ini akan menjadi bahan pertimbangan perencanaan agar pada pelaksanaan perusahaan dapat tepat sasaran dan sesuai kebutuhan masyarakat di daerah,” ujarnya.

Reses ini merupakan komunikasi dua arah antara legislatif dengan konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala merupakan kewajiban anggota DPRD untuk bertemu dengan masyarakat secara rutin pada setiap masa reses. Tujuan reses adalah menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban di dapil sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan.

Lanjutnya, anggota DPRD memperjuangkan hak masyarakat, jika pihak perusahaan baik terhadap masyarakat. “Saya jamin masyarakat akan baik terhadap pihak perusahaan. Karena masyarakat kami tidak mau di paksa dan tertekan,” tegas dia.

Pihak perusahaan melalui Humas Utara dan Selatan menyampaikan bahwa pihaknya dari perusahaan mengalami kendala, mulai dari pemortalan dan pencurian. Saat ini juga banyak manegemen baru dalam perusahaan. “Kami dari pihak perusahaan akan berusaha untuk menjalin mitra kerjasama yang baik. Mulai dari pemerintah Kabupaten, Kecamatan dan masyarakat desa, yang pasti kami akan berusaha menyelesaikan setiap permasalahan yang ada,” ujar Andi selaku Humas.

Salah satu perwakilan Kepala Desa Batu Cawang Kiki di Kecamatan Pendopo menyampaikan, bahwa wilayah atau lahan masyarakat sudah banyak lahan yang di jual ke pihak perusahaan namun warga yang di pekerjakan hanya segelintir orang saja.

“Kemudian pihak koperasi menyampaikan, pihak perusahaan setiap kegiatan tidak pernah koordinasi dengan pihak koperasi, semestinya kami mengetahui selaku dari pihak koperasi terutama dalam penjualan. Namun pihak managemen acuh,” ujarnya. (tarzanboy)

News Feed