oleh

Nikmatnya Durian Lubuk Alang

PAGARALAM, MS – Ingin mencicipi legitnya durian perbatasan wilayah Tanjung Sakti Pumi dan Manak, dapat langsung mampir ke Daerah Lubuk Alang sebelum Tugu patung burung Garuda. Daerah ini banyak yang menyebutnya Kampung Durian. Selain rasanya enak, harga durian pun cukup terjangkau.

Tentunya warga yang mempunyai perkebunan durian di wilayah Lubuk Alang, perbatasan Tanjung Sakti dan Kota Manak, Provinsi Bengkulu ini jelas ekonominya meningkat pada saat musim durian.

Pantauan awak media Metrosumatera dilapangan terlihat di sepanjang jalan mulai dari Wilayah desa Pulau Timun sampai ke wilayah Lubuk Alang berjualan durian di sepanjang jalan.

Terlihat dengan adanya musim durian setidaknya telah mengangkat perekonomian masyarakat sekitar sehingga buah durian hasil kebun bisa dijual kepada pengepul dengan harga yang bervariasi tergantung besar kecilnya buah durian.

Jastani, pemilik kebu durian setempat mengatakan dirinya bisa menjual durian dengan harga

“Kami sempat berbincang dengan salah satu pemilik kebun durian harga Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu durian ukuran kecil,. ” Untuk ukran sedang seharga Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu . Dan ukuran beaar seharga Rp 35 ribu hingga Rp 50 ribu per buah,” ujarnay, Kamis (17/02/2022).

Masih katanya Jastani , pemilik kebun seluas kurang lebih satu hektar ini mempunyai pohon durian kurang lebih sekitar 60 batang pohon di wilayah lubuk alang tersebut.

Tidak hanya itu, di wilayah Lubuk alang ini selain pemandangan perbukitan yang indah pengunjung juga dapat menikmati suasana menunggu buah durian jatuh dan dapat langsung menikmati buah tersebut langsung dari pohonnya, meskipun momen itu hadir hanya saat musim durian dan buah siap dipanen.

Untuk menuju lokasi Kampung Durian miliknya pak pengunjung yang dari Kota Pagar Alam harus menempuh perjalanan sekitar satu Jam setengah kurang lebih menuju wilayah Lubuk alang , Kecamatan Tanjung Sakti Pumi,Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan( SUMSEL)

Setelah sampai ke Wilayah perbatasan Tanjung Sakti dan Manak sebelum patung Burung Garuda pengunjung tentunya sudah sampai menuju wilayah lubuk alang dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih 10 menit dengan kendaraan bermotor pastinya sudah sampai ketempat Jastani .

Tentunya Akses jalan menuju perbatasan tanjung sakti dan manak ini tentunya jalan sudah beraspal bagus namun harus melewati medan menurun serta berliku karena jalannya pun tidak terlalu lebar karena di sekelilingnya perbukitan sehingga pengemudi kendaraan roda empat maupun roda dua diharapkan berhati hati saat menuju lokasi ini. (Len)

News Feed