You are here
Pelayanan Kependudukan Terkendala Listrik DAERAH HEADLINE 

Pelayanan Kependudukan Terkendala Listrik

MUSIRAWAS, MS – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) beberapa waktu lalu meminta pelayanan kependudukan di seluruh Indonesia dilakukan secara 1X24 jam.

Hanya saja pelayanan 1X24 jam tersebut untuk Kabupaten Musi Rawas (Mura) belum bisa diterapkan karena minimnya infrastruktur pendukung terutama jaringan listrik dan komunikasi.

Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan dan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Mura, Y Mori melalui Sekretaris, Tanang mengatakan faktor utamanya adalah listrik yang kadang tidak stabil dampaknya ada pada kinerja server pengelolaan data.

“Selain listrik, kesiapan SDM merupakan hal terpenting untuk sosialisasi kepada masyarakat. karena ketika sosialisasi data kependudukan yang bersangkutan harus benar. Karena akan tersimpan dalam server Siak,”katanya. Minggu (22/4).

Disamping sosialiasi yang terus digalakkan, pihaknya meminta kepada Pemerintah Pusat menambah banwitch untuk kelancaran konsolidasi data proses memasukan data kependudukan.

“Untuk pelayanan kependudukan seperti kartu keluarga (KK), kartu tanda penduduk (KTP) bila ada hambatan minimal prosesnya tiga hari,Sedangkan, untuk kondisi normal satu hari sudah selesai,”ucapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mura, Yudi Pratama menjelaskan, bahwa untuk pelayanan kependudukan yang diberikan Disdukcapil sudah baik.

Namun kedepan pihaknya berharap istansi terkait mampu lakukan terobosan baru, terutama menujang pelayanan prima kebutuhan dibidang adminsitrasi kependudukan.

“Yang jelas, semua apapun penerapan pusat. Kita daerah harus menerapkan. Artinya, sebagai harapan besar kedepan pelayanan kependudukan dapat terus meningkat dan maksimal. Apalagi menyakut pelayanan 1X24 jam itu,” ucapnya. (dhiae)

Related posts

Leave a Comment