You are here
Ratusan Maba Beswan Antusias Ikuti Oubond KPK UBL 2017 HEADLINE NASIONAL 

Ratusan Maba Beswan Antusias Ikuti Oubond KPK UBL 2017

BANDAR LAMPUNG, MS – Sebagai agenda terakhir dari kegiatan Kelas Pembangunan Karakter (KPK) 2017,yang rutin diadakan Universitas Bandar Lampung (UBL).

Dua inkubator bisnis UBL yakni Pusat Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (PPIK) bersama UBL Production(UBL-Pro) menggelar kegiatan outbond bagi ratusan mahasiswa baru jalur beasiswa (maba beswan), tahun akademik 2017/2018, di pelataran parkir Gedung Mahligai Agung, Kampus B, Pascasarjana, Dra. Hj. Sri Hayati Barusman, Sabtu (5/8/2017).

Kegiatan yang diikuti sembilan kelompok maba beswan ini, dihadiri Kepala PPIK Ir Indriati Agustina Gultom, MM beserta jajaran, perwakilan UBL-Pro, puluhan mentor kakak tingkat maupun para peserta. Termasuk tamu undangan, alumni UBL yang juga Supervisor Promosi PT Lautan Teduh Interniaga, Bandar Lampung, Yayan Fitri.

Indriati A Gultom menyebut outbond PPK 2017 diisi aneka permainan seru, diadakan untuk memperkenalkan mahasiswa dengan lingkungan kampus. Termasuk, bertujuan membangun keakraban antar maba beswan dengan kakak tingkat dan dosen, lewat berbagai permainan, yang melatih potensi diri dan kelompok yang mengedepankan nilai kepemimpinan, kekompakan dan kedisiplinan.

Dalam kesempatan itu, Bu Indri biasa disapa mengapresiasi dukungan pihak kampus yang mendukung serangkaian KPK, termasuk pelaksanaan outbond ini. “Untuk itu, kepada mahasiswa baru agar mengikuti outbond dengan sungguh-sungguh, sehingga kalian langsung merasakan kehidupan kampus,” tegasnya.

Indriati melihat kegiatan outbond ini sebagai media efektif, untuk saling mendekatkan antar sivitas akademika kampus.Terutama dikalangan antar mahasiswa baru, atau mahasiswa baru dengan kakak tingkat, hingga dengan dosen, yang hubungannya belum terlalu akrab dan belum kenal satu sama lain.

“Buktinya, dengan adanya outbond, ada kebersamaan sudah terjalin (diawal), dengan saling beradaptasi satu sama lain, yang dimulai dari antar kelompok kecil,” terangnya.

Secara umum, KPK yang didalamnya ada outbond, merupakan kegiatan awal keakraban maba, yang akan dilanjutkan pada Program Pengenalan Kampus (PPK), ditingkat universitas yang akan digelar pada 9-10 September mendatang yang dilanjutkan di tingkat fakultas dan program studi setelahnya. “Semua kegiatan ini membuat  maba merasa lebih siap bersosialisasi dan berinteraksi dilingkungan kampus yang luas,” imbuhnya.

Tak lupa, Indriati membawa pesan Rektor UBL Dr. Ir. M. Yusuf Barusman, MBA agar para maba beswan UBL, dapat memacu diri sukses secara akademik-non akademik, diinternal dan ekstrnal kampus. “Peran kalian tidak hanya membawa nama baik diri, almamater dan lingkungan. Tapi, terutama ada kewajiban tugas dan fungsi kalian dalam mengimplementasikan tri darma perguruan tinggi, yakni pendidikan-pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat,”pesan Rektor UBL.

Sedangkan, Koordinator Panitia Outbond PPK Violita Oliv Payakun, S. Ikom, MM menjelaskan secara teknis Outbond PPK UBL 2017 diisi dengan 10 permainan, yang dipimpin langsung inspektur lomba, yang juga alumni-pemateri KPK UBL M. Denu Poyo, S.Ikom. Antara lain lomba yel-yel kelompok, instruksi komando, formasi bentuk bangunan, melepas tali rajut, memindahkan kelereng dengan sumpit, dan berbagai games seru lainnya.

“Outbond ini bertujuan agar para peserta bergembira dan saling mengenal sesama mahasiswa baru, berpikir cepat, kreatif, mengakomodasi perbedaan pendapat dan mendorong partisipasi aktif peserta terhadap pencapaian tugas bersama,”tukasnya. (sal/ril)

Related posts

Leave a Comment