You are here
Antisipasi Tindak Kriminal, Polres OKU Terapkan SOC KRIMINAL 

Antisipasi Tindak Kriminal, Polres OKU Terapkan SOC

BATURAJA, MS – Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mengantisipasi meningkatnya angka kriminal, terutama di hari-hari libur, Kepolisian Resort (Polres) Ogan Komering Ulu (OKU) menerapkan sistem piket petugas polisi secara standby pada setiap liburan pekan.

Kapolres OKU AKBP Leo Andi Gunawan Sik MPP melalui Kasat Sabhara Polres OKU, AKP Redi Bakri Cahyono SH mengatakan, sistem piket setiap liburan pekan ini dinamakan Standby On Call (SOC). Dimana, sebanyak 70 personil Polres dari beberapa satuan fungsi ditugaskan untuk piket SOC setiap pekannya.

Dikatakannya, pemberlakukan SOC ini sudah dilaksanakan pihaknya sejak beberapa waktu lalu dan sampai saat ini terus berjalan setiap pekannya. “Piket SOC ini dibentuk diluar piket SPKT. Jadi setiap pekannya saat sabtu-minggu, sekitar 70 personil kita tugaskan secara bergantian yang kita bagi dari beberapa satuan yang ada di Polres,” ujarnya, Kamis (8/9).

Tujuan diberlakukannya SOC jelas Redi, dikarenakan kadang masyarakat sering mengeluhkan “minimnya” fungsi kepolisian pada saat hari libur setiap pekan. Dengan adanya piket SOC ini diharapkan, masyarakat tidak perlu lagi khawatir akan fungsi kepolisian.

Sebab meskipun pada saat liburan pekan, fungsi kepolisian yang tergabung dalam piket SOC tetap berjalan. Seperti halnya fungsi Satlantas yang mengatur lalulintas dibeberapa titik tertentu yang dianggap ramai. Selain itu fungsi lainnya seperti piket Reskrim yang selalu stanby jika terjadi peristiwa kriminal atau masyarakat yang membutuhkan bantuan. “Untuk layanan SPKT tetap seperti biasa, piket SOC diberlakukan untuk membantu atau memback-up diluarnya,” jelas mantan Kapolsek Baturaja Timur ini.

Masih menurut Redi, pemberlakukan piket SOC sendiri, langsung dipimpin oleh perwira dan dibantu oleh beberapa perwira serta puluhan anggota yang terlibat. “Sistemnya piket SOC dibagi menjadi tiga bagian regu, dimana masing-masing regu dipimpin oleh seorang perwira pimpinna dan dibantu perwira koordinator serta angota yang terlibat,” ungkapnya.

Dikatakan dia, dengan penerapan SOC ini, pihaknya berharap kenyamanan dan keamanan masyarakat di Kabupaten OKU terhadap layanan fungsi kepolisian dapat semakin meningkat. “Jadi masyarakat tidak perlu menunggu pada saat hari kerja saja, pada saat membutuhkan layananan kepolisian. (kk)

Related posts

Leave a Comment