You are here
Sampai Juli 2016, 16 Kasus Kebakaran DAERAH 

Sampai Juli 2016, 16 Kasus Kebakaran

Prabumulih, MS – Sebanyak 16 kasus kebakaran hingga akhir Juli 2016 di Kota Prabumulih. Hal ini disampaika berdasarkan data unit Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Kota Prabumulih. Rinciannya tujuh kasus kebakaran rumah dan empat kasus kebakaran lahan, lalu kebakaran gardu listrik, mobil, ekskavator dan lainnya.

Kabid Penanggulangan Bahaya Dampak Kebakaran, M Yusuf mengatakan jumlah kasus tersebut lebih rendah jika dibandingkan tahun lalu di periode yang sama.

“Tahun lalu jumlahnya mencapai 50 kasus. Kalau dilihat dari faktornya, cuaca panas yang melanda sepanjang tahun menjadi faktornya. Kalau dilihat dari tahun ini, curah hujan relatif tinggi,” ujar Yusuf ketika dibincangi wartawan, kemarin.

Yusuf menambahkan dilihat dari objek yang terbakar didominasi oleh kebakaran rumah. “Karenanya, kita minta dan himbau masyarakat untuk waspada dan berhati-hati. Cek rumah dengan baik, sebelum tidur dan juga pergi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol, Martodi HS SH MM menyebutkan, sejauh ini Unit PBK terdiri dari 55 personel dimana 13 personel di antaranya berstatus pegawai negeri sipil (PNS) dan sisanya berstatus PHL, honorer, dan tenaga kerja sukarela (TKS).

“Kami berlakukan siaga 4 shift setiap harinya, dan juga 4 mobil operasional untuk mendukung kegiatan petugas PBK,” tuturnya.

Dijelaskan Marthodi, jumlah personel tersebut masih cukup untuk mengantisipasi kebakaran yang terjadi di Prabumulih. “Selain dari kami, tim PBK dari HSSE Pertamina Asset II juga sering membantu dalam memadamkan kebakaran,” pungkasnya. (nor)

 

Related posts

Leave a Comment