You are here
Tunggu Survei Dirjen Kementerian, Danau Gegas Bakal Jadi Central Pembibitan Ikan DAERAH 

Tunggu Survei Dirjen Kementerian, Danau Gegas Bakal Jadi Central Pembibitan Ikan

MUSIRAWAS, MS – Bupati Musirawas, H Hendra Gunawan mewacanakan, Bendungan Danau Gegas yang berada di Desa Sugih Waras, Kecamatan Suka Karya, bakal dijadikan central budidaya ikan air tawar terbesar di pulau Sumatera atau bahkan skala nasional. Namun hasilnya, masih menunggu survei dari pihak Dirjen Kementerian.

“Danau gegas ini sangat berpotensi dalam pengembangan sektor penghasil ikan air tawar, karena secara tempat dan wilayah sangat luas, ditambah keadaan alamnya yang masih belum terjamah,” ungkapnya saat menyampaikan sambutan pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup, Kamis (25/8).

Namun, ia menjelaskan bahwa hal tersebut perlu dukungan dari semua pihak, sebab jika hanya mengandalkan kemampuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musirawas, dipastikan tidak akan bisa berjalan maksimal, karena persoalan anggaran yang terbatas.
“Bila nanti memang jadi untuk central ikan air tawar, kita akan carikan investor untuk membangunnya,” kata dia.

Tak hanya itu, pihaknya juga mewacanakan agar Danau Gegas, juga bisa dijadikan tujuan wisata baru di Kabupaten Musirawas. Ia pun berharap, agar seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, untuk ikut andil dalam melakukan pembangunan.

“Bila perlu nanti, dibangun pendopoan seperti di Danau Aur di Kecamatan Sumber Harta, karena majunya sebuah pariwisata juga didukung oleh pembangunan fasilitas, jadi bukan tidak mungkin bila fasilitas sudah lengkap, wisatawan baik lokal maupun regional akan berkunjung kesini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Musirawas, Bambang Hariadi menyampaikan, pihaknya mendukung sepenuhnya wacana tersebut.

“Kalau central ikan sebenarnya kita sudah ada, salah satunya di Desa Babat, Kecamatan STL Ulu Terawas, sementara di Danau Gegas ini, baru diusulkan kepada Dirjen Kementerian dan dalam waktu dekat informasinya sudah akan disurvei,” ungkapnya. (sen)

Related posts

Leave a Comment