oleh

BPMPD Rencanakan Pembuatan 1.000 Jamban

PALI, MS – Badan Pemerdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) berencana akan membangun 1.000 jamban untuk setiap desa harus memiliki dua jamban.

Hal itu diungkapkan dalam rapat koordinasi dengan seluruh Kepala Desa (Kades), Camat, Lurah, dan TP PKK. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Pesos PT Pertamina Asset II Pendopo Field, kemarin.

Dikatakan Kepala BPMPD Kabupaten PALI, Arif Firdaus SE MSi mengatakan, kegiatan ini diikuti seluruh perangkat, terdiri dari BPD, Kades, TP PKK, lurah, kecamatan. “Jumlah peserta sebanyak 600 orang. Untuk narasumbernya mendatangkan

Kepala Balai Pelatihan BPD, Drs Edi Supriyanta MSi dari Kota Jogyakarta,” ujarnya.
Dengan kegiatan ini terciptanya sinergistas visi serta misi antara pemerintahan daerah, TP, PKK, kecamatan, dan Desa Kabupaten PALI. “Ini juga memberikan ilmu pengetahuan kepada seluruh perangkat desa, agar bisa menggali potensi desa itu sendiri, dan mensejahterakan masyarakat, sebab visi dan Misi Bupati yakni Serasi Nia, ” ujarnya.

Dikatakan dia, dalam menanggulangi kemiskinan dan membuang air besar secara sembarangan, pemerintahan melalui BPMPD, akan berencana membangun 1000 ribu jamban, dan setiap desa harus memilik 2 jamban atau lebih.

“Kesadaran masyarakat desa masih kurang, untuk menjaga lingkungan itu sendiri. Dan biasanya masyarakat desa, membuang air besar di sungai. Untuk itu kita bekerja sama dengan PKK, akan terus mensosialisasikan ini, serta mendata siapa saja yang layak mendapatkan bantuan ini, ” ungkapnya.

Bupati Ir Heri Amalindo MM, mengatakan kegiatan ini merupakan yang harus didukung, apalagi pembangunan daerah berasal dari desa, dan seluruh kepala desa agar bisa menjalankan program pemerintahan, yakni Sentral Ekonomi Rakyat Agamis dan Aman Sejahtera (Serasi Nia). “Saya berharap seluruh kades, bisa mengalokasi sedikit dana desa. Untuk Tim pengerak PKK mempunyai peran aktif dalam pembangunan itu sendiri,” harapnya. (yeng)

News Feed