You are here
Usulkan Pembangunan Pasar Tradisional DAERAH 

Usulkan Pembangunan Pasar Tradisional

PALI, MS – Dinas Koperasi dan UKM Usaha Kecil dan Menengah, kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), mengusulkan dua desa untuk pembangunan pasar tradisional. Kedua desa itu yakni Desa Simpang Solar, Desa Pengabuan. Bahkan tim dari Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia (RI) telah mengecek lokasi tersebut, mengingatkan kondisi kedua pasar ini tidak layak lagi.

Kaban Koperasi dan UKM Kabupaten PALI, Husman Gumanti, SE MSi, mengatakan perihal tentang perencana pembangunan pasar tradisional, akan tetapi masih tahap pengusulan saja. “Mudah-mudahan tahun 2017 bisa dibangunkan sesuai rencana, disini ada titik pembangunan yakni Desa Simpang Solar, Desa Pengabuan,” jelasnya.
Menurut dia, keduanya merupakan pasar kalangan, dan tidak cukup layak dipakai lagi. “Luas pasar tersebut di desa Simpang Solar luasnya 1,5 hektar dan Desa Pengabuan lebih kurang 1 hektar luasnya, ” ungkapnya, Jumat (26/8).

Ia menambahkan disini koperasi sudah berkoordinasi dengan pemerintahan desa, untuk membangun ulang pasar tersebut dengan pasar tradisional. Akan tetapi dengan persyaratan, bagi yang mau menempati pasar tersebut merupakan anggota koperasi saja.

“Disini rencana akan dibangun tiga tingkat, melihat kondisi desa disana. Apabila tercapai dan cepat teralisasi, pendapatan pasar bisa masuk di kas koperasi desa dan koperasi Kabupaten Pali. Inikan bisa meningkatkan pendapatan daerah tersebut, serta membuka lapangan pekerjaan bagi pengangguran. Disini dinas koperasi tetap berkoordinasi dengan dinas Pekerjaan Umum untuk membuat rap pembangunan,” ujarnya. (yeng)

Related posts

Leave a Comment