oleh

Tim Polda Sumsel Tinjau Lahan Polres PALI

Tim Polda Sumsel bersama jajaran Pemkab PALI saat meninjau lokasi lahan Mapolres PALI.
Tim Polda Sumsel bersama jajaran Pemkab PALI saat meninjau lokasi lahan Mapolres PALI.

PALI, MS – Tim Polda Sumatera Selatan (Sumsel) yang dipimpin langsung Kabag Strajemen Polda Sumsel AKBP Hubaidah secara langsung melakukan studi kelayakan lahan yang rencananya akan digunakan pembangunan Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Selasa (2/8).

Dalam kunjungan itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PALI telah menyiapkan dua lahan untuk dibangun Mapolres PALI. Yakni, lahan pertama yaitu lahan masyarakat yang berada di depan kantor Lurah Handayani Mulya di Jalan Merdeka Km 7 Pendopo, dengan status tanah telah bersertifikat. Dan lahan kedua, berada di wilayah Desa Simpang Tais Kecamatan Talang Ubi tersebut didapat dari hibah PT Surya Bumi Agro Langgeng (SAL).

Hadir pada kesempatan itu, tim dari Polda Sumsel, Plt Sekda PALI Robby Kurniawan, pimpinan PT SAL, anggota komisi III DPRD Soemarjono dan sejumlah kepala SKPD Pemkab PALI.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Joko Prastowo SH MH melalui Kabag Strajemen Biro Rena Polda Sumsel AKBP Hubaidah, disini tim polda sumsel bersama Sekda PALI meninjau lokasi lahan pembangunan kantor Mapolres PALI sebelum adanya pembangunan gedung Polres.

“Menurut undang-undang kepolisian, untuk lahan pembangunan gedung polres tidak boleh di lahan sengketa. Dan harus uji kelayakkan terlebih dahulu,” ujarnya.

Dikatakan dia, syarat untuk membangun Mapolres dibutuhkan lahan minimal lima hektare. “Lokasinya harus dekat lokasi pemukiman masyarakat, dan lokasi jalannya harus jalan lintas. Ya, sebab kepolisian merupakan pelayanan masyarakat,” ungkapnya.

Setelah uji kelayakan ini, akan dilaporkan ke Mabes Polri. “Tapi sebelumnya kita buat laporan terlebih dahulu keadaan lokasi lahan yang akan dibangun Mapolres,” tegasnya.

Plt Sekda Kabupaten PALI Robby Kurniawan SStp MSi, berterima kasih kepada perusahaan PT Surya Bumi Agro Langgeng telah menghibahkan tanahnya seluas 5 hektar untuk pembangunan Mapolres PALI.

“Kita ketahui di kabupaten PALI masih perlu banyak dukungan dari masyarakat. Disini bupati beserta jajarannya berupaya semaksimal mungkin melakukan pembangunan demi mempercepat roda pemerintahan,” ungkapnya.
Bupati PALI, Heri Amalindo mengaku optimis Mapolres PALI akan cepat berdiri. “Saya yakin Polres PALI segera dibangun. Mudah-mudahan proses uji kelayakan pembangunan gedung Mapolres PALI cepat disetujui Mabes Polri,” pungkasnya.

Dengan adanya polres di Kabupaten PALI bisa cepat meningkatkan pembangunan. “Ya, kalau adanya polres bisa meningkatkan keamanan di Kabupaten PALI. Sehingga masyarakat merasa aman dan tentram,” ujar Heri.

Kapolres Muara Enim AKBP Hendra Gunawan SIk melalui Polsek Talang Ubi Kompol Janton Silaban menuturkan, sudah sepatutnya di kabupaten harus memiliki polres. “PALI kan sudah memiliki bupati definitif. Ya, dengan adanya gedung polres, mudah-mudahan angka kriminalitas di wilayah ini menurun,” tegasnya.

Hairul Tambunan General Manager (GM) PT SAL mengatakan lahan yang akan dihibahkan untuk Mapolres adalah 5 hektare. “Tapi kita akan laporan terlebih dahulu dengan direksi pusat,” jelasnya. (yeng)

News Feed